Pengertian Uterus

Pengertian Uterus 
Uterus merupakan organ yang tebal, berotot, bentuknya seperti buah pir, terletak di dalam pelvis antara rectum dibelakang dan kandung kemih didepan, ototnya disebut miometrium. Panjang uterus ±7,5 cm, tebal 2,5 cm, berat 50 gr. Pada rahim wanita yang belum menikah panjang uterus berkisar 5-8 cm, dan beratnya 30-60 gr. Uterus terdiri dari fundus uteri, korpus uteri,dan serviks porsio. 
Dinding uterus terdiri dari :
1. Endometrium
Merupakan lapisan dalam dari uterus yang mempunyai arti penting dalam siklus haid, dengan ketebalan 28 mm. Di dalam rongga uterus, endometrium licin dan lunak, permukaannya mempunyai plak yang datar dan lebar. Di dalam kanalis servisis mukosanya lebih kasar dan mempunyai plikae palmatae dimana terletak kelenjar servisis yang mengeluarkan sumbat lender untuk ostium uteri. Mucus yang terdapat dalam lumen vagina berasal dari kelenjar-kelenjar serviks. 

2. Miometrium
Tersusun dari lapisan otot. Tersusun sedemikian rupa sehingga dapat mendorong isinya keluar pada waktu persalinan. Sesudah plasenta keluar akan mengalami pengecilan sampai keukuran normal sebelumnya. 

3. Lapisan serosa
Merupakan lapisan yang terdiri atas ligamentum yang menguatkan uterus, yaitu :
a. Ligamentum kardinale kiri dan kanan, mencegah uterus agar tidak turun.
b. Ligamentum sakro uterinum kiri dan kanan, menahan uterus supaya tidak banyak bergerak.
c. Ligamentum rotundum kiri dan kanan, menahan uterus agar tetap dalam keadaan antofleksi.
d. Ligamentum latum kiri dan kanan, ligamentum yang meliputi tuba.
e. Ligamentum infundibulo pelvikum, ligamentum yang menahan tuba fallopi.

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut