Hormon-hormon yang Berperan Dalam Kehamilan dan Fase Dalam Persalinan

Hormon-hormon yang berperan dalam Kehamilan :
  1. Progesteron dan estrogen Merupakan hormon yang berperanan dalam masa kehamilan 3-4 bulan pertama masa kehamilan. Setelah itu fungsinya diambil alih oleh plasenta. Hormon estrogen makin banyak dihasilkan seiring dengan bertambahnya usia kandungan karena fungsinya yang merangsang kontraksi uterus. Sedangkan hormon progesterone semakin sedikit karena fungsinya yang menghambat kontraksi uterus. 
  2. Prolaktin Merupakan hormon yang disekresikan oleh plasenta dan berfungsi untuk memacu glandula mamae untuk memproduksi air susu. Serta untuk mengatur metabolisme tubuh ibu agar janin (fetus) tetap mendapatkan nutrisi. 
  3. HCG (hormon chorionic gonadotrophin) Merupakan hormon untuk mendeteksi adanya kehamilan. Bekerja padahari ke-8 hingga minggu ke-8 pada masa kehamilan. Hormon ini ditemukan pada urine wania pada uji kehamilan. 
  4. Hormon oksitosin Merupakan hormon yang berperan dalam kontraksi uterus menjelang persalianan. 

Persalinan berlangsung dalam 2 fase. Kedua fase tersebut ialah : 
  • fase pembukaan
  • fase pegeluaran. Selama fase pembukaan, jaringan lunak yang sebelumnya bekerja sama menutup saluran genital berubah menjadi “terowongan luas”. Jaringan lunak, yang siap dilewati bayi dengan tubuh menekuk dan tungkai saling menyilang. Kontraksi uterus yang berulang, sehingga terbentuk kantung amnion yang terletak didepan kepala bayi. Kantung ini keluar mendahului bayi melalui jalan lahir dan dilatasi elastic jaringan lunak yang selama kehamilan menjadi kendur karena infiltrasi cairan. Menjelang akhir periode dilatasi servik, membran menjadi robek dan liquor amnii mengalir keluar dan kontraksi persalinan berulang dengan interval pendek. Pengeluaran selanjutnya secara terperinci terdiri dari aktivitas terkoordinasi yang meliputi beberapa struktur. 
Mekanisme persalinan dengan posisi oksipito – posterior : pada primipara kepala bayi desenden masuk ke pintu panggul pada akhir kehamilan, sedangkan pada multipara kepala bayi masuk pelvis bersamaan dengan permulaan persalinan. Jalan lahir dibentuk oleh tulang panggul dan jaringan lunak uteri vagina dan dasar panggul. 

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut