Fungsi Mineral Pada ASI dan Perbedaan Kandungan ASI dan Kolostrum

Fungsi Mineral Pada ASI
Tidak seperti vitamin, kadar mineral dalam ASI tidak begitu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu dan tidak pula dipengaruhi oleh status gizi ibu. Mineral di dalam ASI mempunyai kualitas yang lebih baik dan lebih mudah diserap dibandingkan dengan mineral yang terdapat di dalam susu sapi.
Mineral utama yang terdapat di dalam ASI adalah kalsium yang mempunyai fungsi untuk pertumbuhan jaringan otot dan rangka, transmisi jaringan saraf dan pembekuan darah. Walaupun kadar kalsium ASI lebih rendah dari susu sapi, tapi tingkat penyerapannya lebih besar. Penyerapan kalsium ini dipengaruhi oleh kadar fosfor, magnesium, vitamin D dan lemak. Perbedaan kadar mineral dan jenis lemak diatas yang menyebabkan perbedaan tingkat penyerapan. Kekurangan kadar kalsium darah dan kejang otot lebih banyak ditemukan pada bayi yang mendapat susu formula dibandingkan bayi yang mendapat ASI.
Kandungan zat besi baik di dalam ASI maupun susu formula keduanya rendah serta bervariasi. Namun bayi yang mendapat ASI mempunyai risiko yang lebih kecil utnuk mengalami kekurangan zat besi dibanding dengan bayi yang mendapat susu formula. Hal ini disebabkan karena zat besi yang berasal dari ASI lebih mudah diserap, yaitu 20-50% dibandingkan hanya 4 -7% pada susu formula. Keadaan ini tidak perlu dikuatirkan karena dengan pemberian makanan padat yang mengandung zat besi mulai usia 6 bulan masalah kekurangan zat besi ini dapat diatasi. 
Mineral zinc dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan mineral yang banyak membantu berbagai proses metabolisme di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan mineral ini adalah acrodermatitis enterophatica dengan gejala kemerahan di kulit, diare kronis, gelisah dan gagal tumbuh. Kadar zincASI menurun cepat dalam waktu 3 bulan menyusui. Seperti halnya zat besi kandungan mineral zink ASI juga lebih rendah dari susu formula, tetapi tingkat penyerapan lebih baik. Penyerapan zinc terdapat di dalam ASI, susu sapi dan susu formula berturut-turut 60%, 43-50% dan 27-32%. Mineral yang juga tinggi kadarnya dalam ASI dibandingkan susu formula adalah selenium, yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan cepat.


Pada bulan ketiga atau keempat kehamilan, kelenjar mamae mulai mensintesis dan menyimpan cairan kuning yang disebut kolostrum, dalam jumlah yang sedikit. Kolostrum akan menjadi makanan yang pertama bagi bayi. Kolostrum mengandung banyak antibodi ibu yang akan membantu bayi dari infeksi. Selain itu, banyak mengandung protein yang dapat mencegah diare.

Berikut tabel beberapa zat yang dikandung Kolostrum dan ASI
No.
Kandungan
Manfaat
1.
Kolostrum
         Immunoglobulin A

         Protein, Vitamin A, Karbohidrat, dan Lemak

Zat kekebalan untuk melindungi bayi dan berbagai penyakit terutama diare.
Sesuai kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.
2.
ASI
         Taurin

       Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA)





         Immunoglobulin A (Ig.A)


         Laktoferin

         Lisozim

         Sel Darah Putih








         Faktor bifidus

Asam amino, berfungsi sebagai neurotransmitter dan proses pematangan otak.
Asam lemak tak jenuh rantai panjang untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal. Dapat dibentuk oleh tubuh dari substansi pembentuknya (precursor), yaitu masing-masing dari omega 3 (asam linoleat) dan omega 6 (Asam lonoleat)
Ig.A tidak diserap,tetapi dapat melumpuhkan bakteri patogen E.coli dan berbagai virus pencernaan.
Sejenis protein komponen zat kekebalan tubuh
Enzim yang melindungi bayi terhadap bakteri E.coli danSalmonella  serta virus.
Pada Asi 2 minggu pertama terdapat lebih dari 4000 sel/mL. Terdiri atas 3 macam yaitu : Bronchus Asociated Lympocyte Tissue (BALT)/ antibodi pernapasan ; Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) / antibodi saluran pernapasan dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) / antibodi jaringan payudara ibu. 

Menunjang pertumbuhan bakteri Lactobacillus bifidus yang menjaga flora usus bayi.
Perbedaan Kandungan ASI dan Kolostrum



Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut