Bagian Anatomi Spermatozoa

Bagian Anatomi Spermatozoa
Spermatozoa memiliki empat bagian yaitu :
1. Kepala
Bentuk ini menentukan bentuk kepala spermatozoa dan tergantung pada spesies yang memang besar variasinya. Kutub anterior ini tertutup oleh tudung akrosom yang mengandung sejumlah enzim hidrolitik, misalnya hialurinidase, arilsulfatase, estarase tidak spesifik dan akrosin. Enzim-enzim tersebut diperlukan untuk menghancurkan kumulus ooforus dan zona pellucida agar spermatozoa dapat masuk ke sel telur untuk melakukan pembuahan. Bagian kaudal akrosom ditandai dengan penyempitan tudung dan kondensasi isinya. Ini merupakan segmen ekuator dari akrosom. Basis inti dikitari oleh selubung pasca akrosom yang terdiri dari fibroprotein yang kaya akan sulfur. Kedua segmen ekuator dan selubung pascaakrosom berperan dalam proses pembuahan. 

2. Leher
Bagian leher relatif pendek dan sempit. Terletak antara kepala dan badan, terdiri dari sentriol yang terletak sentral dengan sembilan serabut tepi kasar tersusun memanjang, berlanjut dengan serabut luar pada badan spermatozoa. 

3. Badan
Bagian badan dari sperma mengandung filament poros mitochondria dan sentriol belakang berbentuk cincin, sehingga sering disebut bagian badan ini sebagai tenaga pusat sperma karena mitokondria memiliki enzim yang menggerakkan asam trikakboksilat dan transport electron serta fosfolirasi oksidatif, yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP.

4. Ekor
Ekor terbagi atas dua yaitu: Ekor Utama dan ujung Ekor. Ekor Utama merupakan bagian ekor spermatozoa yang paling panjang. Struktur kompleks filamen aksial mirip dengan bagian badan dan dikitari oleh kelanjutan serabut bagian badan. Serabutnya bervariasi menurut ukuran, bentuk dan memipih ke arah ujung ekor. Rusuk semisirkular struktur protein pada susunan mengulir melebur dengan dua serabut luar membentuk selubung fibrosa tepi yang khas untuk bagian ekor utama. 
Ujung Ekor selubung fibrosa terminal menandai awal dari ujung ekor yang hanya mengandung kompleks filamen aksial. Ekor ini mengandung banyak sekali filament poros / flagellum tetapi sedikit mengandung sitoplasma.terdapat 2 sentriol terletak di bagian tengah dari. Fibril-fibril yang seperti cilia tersebar dalam ekor dan dikelilingi oleh cincin yang terdiri dari 9 pasangan fibril perifer. Fibril ini berfungsi menimbulkan gerakan ekor sperma

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut