Pengertian Testis dan Fungsi Testis

Apa itu testis ..??

Pengertian Testis
Testis disebut juga gonad jantan. Alat ini jumlahnya sepasang dan bentuknya bulat telur. Testis tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum. Suhu dalam skrotum 20 C lebih rendah dari suhu dalam rongga perut. Testis tertutup kapsul jaringan penyambung yang berlapis dua. Lapisan luar dari testis, tunika albuginea,yang tersusun dari jaringan berserat kolagen yang padat. Lapisan dalam atau lapisan vaskulernya tersusun dari jaringan areoler yang lebih longgar, kaya akan suplai pembuluh darah. 

fungsi Testis yaitu :
  1. Menghasilkan sperma (spermatozoa)
  2. Mengeluarkan testosteron
Testis terdiri dari tubulus seminiferus yang padat,berkelok-kelok,yang di dalamnya berlangsung spermatogenesis. Tubulus seminiferus dipenuhi oleh lapisan sel sperma yang sudah atau tengah berkembang. Diantara tubulus seminiferus, terdapat sel khusus yang disebut sel Leydig ataupun sel Interstisium. Tubula seminiferus yang tergulung melilit, tertutup oleh lapisan epitel germinal yang dapat mengandung sampai lima lapisan sel.
Testis kiri sering tergantung lebih rendah dari testis kanan. Testis terdiri dari 200-300 lobuli. Setiap lobulus mengandung beberapa tubuli seminiferus yang berkelok-kelok. Dari tubulus seminiferus melanjutkan diri ke rete testis,dektus eferen, epididimis, duktus deferen.

Share :

2 komentar:

 

Histats

Pengikut