Pengertian Tuberkulosis paru

Pengertian Tuberkulosis paru adalah penyakit infeksius yang menyerang parenkim paru, penyebab utama TB paru ini adalah Mycobacterium Tuberkulosis dan penyakit ini merupakan masalah kesehatan masyarakat dunia dan terutama menyerang kelompok usia produktif. Penyakit TB paru sangat erat hubungannya dengan kemiskinan, malnutrisi, tempat-tempat kumuh, perumahan-perumahan yang dibawah standart.
Pada tahun 1993 WHO ( World Health Organization) memperkirakan hamper sekitar 8 juta penduduk dunia diserang TB dengan angka kematian berkisar 3 juta orang . Pada tahun 1995 WHO juga memperkirakan insiden TB setiap tahunnya sekitar 583.000 kasus dengan angka mortalitas sekitar 140.000 kasus. 
Pada tahun 1999 WHO juga memperkirakan di Indonesia setiap tahun terjadi 503 kasus yang ditemukan, dengan memperkirakan 130 orang penderita tuberculosis ini meninggal dunia dan estimasi prevalensi angka kesakitan di Indonesia sebesar 8 per 1000 penduduk yang berdasarkan gejala tanpa pemeriksaan laboratorium 
Berdasarkan data WHO, Indonesia merupakan Negara dengan kasus TB Paru terbesar ke-3 di dunia setelah India dan Cina. Hasil survey prevalensi TB akhir tahun 2004 menunjukkan klaster geografis angka prevalensi dan insidensi kasus TB di Sumatera Utara adalah 160/ 100.000. Berdasarkan angka tersebut maka target penemuan BTA (+) di Sumatera Utara adalah sebesar 20.170 penderita tahun 2006. Berikut ini akan disajikan angka penemuan (CDR) dan kesembuhan (success Rate) penderita TB paru BTA(+) 5(lima) tahun terakhir.

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut