Pengertian Pengajaran berdasarkan masalah ( Problem Based Instruction )

Pengertian Pengajaran berdasarkan masalah ( Problem Based Instruction )
Pengajaran berbasis masalah dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual ; belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau stimulasi dan lain : realistis sesuai kehidupan manusia, konsep sesuai dengan kebutuhan siswa, memupuk sifat inkuiri siswa, retensi konsep menjadi kuat, memupuk kemampuan memecahkan masalah. Keterbatasan model ini antara lain :

  1. Persiapan pembelajaran kompleks
  2. Sulit mencari problem yang relevan
  3. Terjadi miss konsepsi
  4. Memerlukan waktu yang lama

Kelebihan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dalam pemanfaatannya adalah sebagai berikut.
  1.  Mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan kreatif
  2. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
  3. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar
  4. Membantu siswa belajar untuk mentransfer pengetahuan dengan situasi baru
  5. Dapat mendorong siswa / mahasiswa mempunyai inisiatif untuk belajar secara mandiri
  6. Mendorong kreativitas siswa dalam pengungkapan penyelidikan masalah yang telah ia lakukan
  7. Dengan adanya pembelajaran berdasarkan masalah akan terjadi pembelajaran bermakna.
  8. Dalam situasi pembelajaran berdasarkan masalah, siswa/mahasiswa mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan.
  9. PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif siswa / mahasiswa dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok.
Langkah – langkah Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Fase
Indikator
Kegiatan Guru
1
Orientasi siswa kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang diperlukan, memotivasi siswa terlibat aktif dan kreatif dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai  dan melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut