Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok dan Tahapan – tahapan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif GI

Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok ( Group Investigation )

Pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) didasari oleh gagasan John Dewey tentang pendidikan yang menyimpulkan bahwa kelas merupakan cermin masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan di dunia nyata yang bertujuan mengkaji masalah – masalah sosial dan antar pribadi. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing para siswa mendefinisikan masalah, mengeksplorasi berbagai hal mengenai masalah itu, mengumpulkan data yang relevan, mengembangkan dan menguji hipotesis.

Tahapan – tahapan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif GI adalah sebagai berikut:

a. Tahap Pengelompokan (Grouping)
Yaitu tahap mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi serta mebentuk kelompok investigasi, dengan anggota tiap kelompok 4 sampai 5 orang. Pada tahap ini, yang pertama siswa mengamati sumber, memilih topik, dan menentukan kategori – kategori topik permasalahan kemudian siswa bergabung pada kelompok - kelompok belajar berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki.

b. Tahap Perencanaan (Planning)
Tahap Planning atau tahap perencanaan tugas – tugas pembelajaran.

c. Tahap Penyelidikan (Investigation)

Tahap Investigation, yaitu tahap pelaksanaan proyek investigasi siswa. Pada tahap ini, siswa melakukan kegiatan sebagai berikut : pertama siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat simpulkan terkait dengan permasalahan – permasalahan yang diselidiki, kemudian masing – masing anggota kelompok memberikan masukan pada setiap kegiatan kelompok, lalu siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi dan mempersatukan ide dan pendapat.

d. Tahap Pengorganisasian (Organizing)
Yaitu tahap persiapan laporan akhir. Pada tahap ini kegiatan siswa sebagai berikut : pertama anggota kelompok menentukan pesan – pesan penting dalam proteknya masing – masing, kemudian anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan dan bagaimana mempresentasikannya, lalu wakil dari masing – masing kelompok membentuk panitia diskusi kelas dalam presentasi investigasi.

e. Tahap Presentasi (Presenting)

Tahap presenting yaitu tahap penyajian laporan akhir. Kegiatan pembelajaran di kelas pada tahap ini adalah sebagai berikut : pertama, penyajian kelompok pada keseluruhan kelas dalam berbagai variasi bentuk penyajian, kelompok yang tidak sebagai penyaji terlibat secara aktif sebagai pendengar, kemudian pendengar mengevaluasi, mengklarifikasi dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap topik yang disajikan.

f. Tahap Evaluasi (Evaluating)
Pada tahap evaluating atau penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa.

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut