Pengertian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

Pengertian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil.

Pembelajaran kontekstual memiliki 5 elemen belajar yang konstrutivistik yaitu :
  • Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
  • Pemerolehan pengetahuam yang baru
  • Pemahaman pengetahuan
  • Mempraktikkan pengetahuan dan pengalaman
  • Melakukan refleksi terhadap strategi pengembangan pengetahuan tersebut

Secara garis besar langkah – langkah penerapan pembelajaran kontekstual adalah sebagai berikut :
  • Mengembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
  • Melaksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
  • Mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya
  • Menciptakan masyarakat belajar / belajar berkelompok
  • Menghasilkan model sebagai contoh pembelajaran
  • Melakukan refleksi di akhir pertemuan
  •  Melakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Histats

Pengikut